Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Nutrisi Beras Basmati dan Manfaatnya

Pernah makan nasi biryani? Nasi ini khas Asia timur yang lezat dengan campuran polong-polongan atau sayur. Beras yang dipakai adalah beras basmati yang memiliki ukuran lebih panjang dibanding beras biasa. Lalu, apa saja kandungan dan manfaat dari beras ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Beras Basmati?

Basmati merupakan beras yang sering dikonsumsi oleh orang India atau orang timur tengah lainnya. Tanamannya sudah ditemukan dan diolah sejak 200 dan 1600 SM. Sekilas memang mirip dengan beras lainnya, tetapi ukurannya yang lebih besar dan panjang menjadi ciri khas beras ini.

Beras Basmati

Beras basmati memiliki 2 varietas warna yaitu putih dan coklat. Selain aromanya yang wangi, beras ini juga memberikan segudang manfaat. Anda bisa mengkonsumsinya jika Anda adalah penderita diabetes, memiliki masalah jantung, atau masalah kesehatan yang lainnya.

Brasmati coklat memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan brasmati putih. Adapun kandungan yang dimiliki adalah karbohidrat, serat, magnesium, vitamin E, dan nutrisi-nutrisi lain. Tetapi baik yang mana saja yang akan Anda konsumsi, nasi dari brasmati ini akan lebih baik daripada nasi dari beras biasa.

Kandungan Nutrisi dari Beras Basmati

Beras ini memiliki segudang kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam satu porsi nasi basmati (160 gram), Anda bisa mendapatkan 4,5 protein dan 210 kalori. Kandungan lemaknya juga sangat rendah yaitu hanya 0,5 gram saja, bahkan kandungan seratnya lebih banyak yaitu 0,7 gram.

Selanjutnya ada kandungan natrium sebesar 400 mg. Untuk folat, nasi dari basmati ini dapat memenuhi 24% dari kebutuhan sehari-hari. Kemudian untuk kebutuhan harian tiamin, brasmati bisa memenuhi sekitar 22%. Lalu untuk niacin, kebutuhan 22% harian Anda juga akan terpenuhi.

Selain itu ada juga kebutuhan mineral seperti tembaga yang dapat dipenuhi 12% dari kebutuhan harian. Dan ada zat besi yang mengcover 11% kebutuhan harian. Untuk vitamin B6 Anda bisa mendapatkan 9% kebutuhan harian Anda dari seporsi nasi basmati ini.

Dalam 1 porsi basmati juga mengandung nutrisi seperti zinc, fosfor, dan magnesium yang juga sangat penting untuk mencegah stunting pada anak-anak. Dibanding dengan beras lainnya, brasmati putih memiliki kandungan arsenic paling rendah sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes.

Manfaat Beras Basmati

Ada banyak sekali manfaat dari beras jenis basmati ini. Selain itu beras ini juga rendah kandungan arsenic. Arsenic sendiri merupakan salah satu jenis logam berat yang bisa meningkatkan resiko diabetes, bahkan bisa menyebabkan masalah jantung dan kanker.

Seperti yang dijelaskan bahwa beras basmati ini rendah arsenic, sehingga mengurangi resiko diabetes. Selain itu beras ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding dengan beras putih biasa. Indeks glikemiknya hanya pada kisaran 50-58 sehingga termasuk dalam amakanan dengan IG rendah.

Manfaat lain yaitu, beras ini mengandung banyak serat, bahkan dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Mengkonsumsi makanan dengan tinggi serat juga dapat menghindarkan Anda dari resiko sembelit. Serat dalam basmati juga bersifat larut sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.

Selanjutnya, seperti yang sudah disebutkan, masalah jantung akan berkurang. Dengan memakan biji-bijian seperti contohnya beras coklat basmati, dapat membuat resiko penyakit jantung dan kolesterol menurun. Bahkan dengan konsumsi teratur, resiko darah tinggi pun bisa teratasi.

Demikian penjelasan mengenai kandungan nutrisi beras basmati dan segala manfaatnya. Beras ini sangat rekomended untuk Anda yang sedang menderita diabetes, sedang program diet, maupun Anda yang memang mengikuti pola hidup sehat tapi tidak bisa meninggalkan nasi.

Posting Komentar untuk "Kandungan Nutrisi Beras Basmati dan Manfaatnya"